Kamis, 21 Januari 2010

microsoft office 2010

Sepertinya baru kemarin Microsoft mengenalkan Office 2007 ke publik. Peluncuran Office 2007 menjadi menarik karena versi Office itu sangat berbeda dengan Office sebelumnya, dengan hadirnya Ribbon Interface dan banyak fitur-fitur baru. Tapi itu sudah tiga tahun lalu, saya masih ingat dulu saat pertama kali Office 2007 hadir, saya begitu terobsesi untuk menggunakannya. Sampai-sampai berkali-kali membaca artikel yang sama tentang review office 2007. Tapi itu dulu, sekarang microsoft sudah memperkenalkan pengganti Office 2007, yaitu Office 2010 yang saat review ini ditulis masih dalam tahap beta2. Apa yang ditawarkan oleh Microsoft di Office terbarunya itu?

Kesan Pertama

Yang pertama kali di tampilkan oleh Ofiice 2010 ketika di buka adalah splash screen. Apa yang istimewa? Splash Screen Office 2010 tidak seperti Office 2007 yang hanya menampilkan gambar statik, Splash Screen menampilkan gambar bergerak yang cantik. Selain itu, startup terasa lebih cepat dibandingkan Office 2007.


Splash Screen Word, yang kuning-kuning itu sebenarnya bergerak

User Interface

User Interfacenya tidak berbeda jauh dengan Office 2007, meski tetap berbeda. Perbedaan itu seperti pada ribbonnya, Ribbon Office 2010 terasa lebih datar, tidak banyak variasi warna dan gradiasi seperti pada ribbon Office 2010. Kalau menurut saya pribadi, Ribbon Office 2010 tidak se eye-catchng milik 2007, namun terasa lebih cepat membuka ribbon di 2010 dibandingkan 2007.


GUI Word 2010

Office button yang ada di Office 2007 juga dihilangkan, sebagai gantinya ada satu tombol bertuliskan file. Mirip seperti Office button atau tombol menu dropdown pada Office 2003 kebawah, namun dia akan menampilkan jendela baru yang di sebut backstage view, Dalam backstage view, terdapat fitur-fitur yang biasanya ada di office button, namun apa yang ditampilkan di backstage lebih lengkap dan beberapa menu terintegerasi dengan jendela backstage view. Misalnya pada menu Print, pada office sebelumnya, ketika mengklik tombol print, yang ditampilkan adalah jendela baru untuk memprint, di office 2010, pilihan-pilihan untuk print dokumen tampil di backstage view tanpa membuka jendela baru. Hal yang sama dapat ditemui pada menu lainnya, seperti recent, help, share dan new. Hanya saja, untuk menu save, save as, option dan open, masih akan menampilkan jendela baru. Selain itu, user interface tidak terlalu banyak berubah.
JIka Office 2007, tidak semua aplikasi memakai interface ribbon, seperti Visio 2010, onenote dan Publisher. Di Office 2010, semuanya sudah menggunakan interface Ribbon. Kecuali microsoft picture manager, tapi mungkin tidak akan menjadi masalah. Karena tidak banyak pengguna office yang menggunakannya.




Back Stage View



Jendela Print Yang terintegerasi dengan back stage


Fitur-Fitur Baru

3 tahun pengembangan, tidak mungkin Microsoft membuat Office 2010 tanpa banyak fitur baru. Mungkin tidak semua fitur baru Office 2010 di kupas disini, yang dibahas disini adalah fitur-fitur baru yang menarik dan akan banyak berguna dan fokus ke 3 paket office yang paling sering digunakan secara umum, Word Excel dan Power Point Paket lainnya? Lewat..…
kita mulai dengan fitur-fitur baru yang terdapat di ketiga paket itu sekaligus….

Screenshot

Screenshot ini berfungsi untuk mengambil gambar dilayar. Dengan ini, Ketika membutuhkan tampilan layar untuk dimasukan ke dokumen tidak perlu susah-susah menggunakan software lain. Screenshot dapat ditemui di ribbon tab Insert di bagian Ilustration. Cara menggunakanya sangat mudah, tinggal klik button screenshot, akan tampil gambar jendela aplikasi yang sedang terbuka, tinggal dipilih. Jadi kita dapat membuat screenshot jendela aplikasi lain tanpa harus meninggalkan jendela Office 2010. Namun, fungsinya tetap terbatas, kita tidak dapat mengambil sebagian jendela dan tidak semua jendela ditampilkan di situ, tetap ada jendela terbuka yang tidak tampil.
Meski fungsinya terbatas, lumayanlah, daripada tidak ada. Mungkin fungsi ini akan dikembangkan lagi di office selanjutnya.



Screenshotnya fitur screenshot

Remove Background

Remove background berfungsi untuk membuang background pada gambar. Ini fitur yang sejak dulu di perlukan di MS Office, seperti ketika menampilkan gambar di slide power point, Remove background sangat berguna untuk menampilkan gambar dengan background yang mengganggu, dengan remove background, background yang mengganggu itu dapat dihilangkan. Remove background hanya efektif untuk membuang background yang seragam dan warnanya kontras dengan isi gambarnya. Remove background bekerja otomatis untuk menentukan mana background dan mana gambar utamanya, karena itulah, remove background tidak fleksibel, pengaturan yang ada sangat terbatas.




Pilihan remove background, sangat terbatas

Paste Preview

Dengan paste preview, teks atau gambar yang akan di paste akan ditampilkan saat kursor menyorot pilihan paste sebelum kita benar-benar mempastenya. Ini berguna untuk melihat seperti apa hasil dari paste itu sebelum kita mempastenya, sehingga meminimalkan kesalahan ketika mempaste. Selain itu, ada pilihan tentang bagaimana format dokumen yang akan di paste apakah mengikuti format asalnya, hanya teks biasa atau digabung format sekarang dengan format asalnya.



Paste Option, saat pilihannya di sorot, apakn ada previewnnya


Artistic Effect

Artistic effect merupakan kumpulan efek untuk gambar yang siap pakai. Ada sekitar 23 efek yang hanya butuh 2 klik saja untuk mengaplikasikannya ke dalam gambar. Masih berhubungan dengan manipulasi gambar, di Office 2010 fitur-fitur untuk manipulasi gambar dan shape terintegerasi dalam satu jendela, tidak seperti dulu yang terpisah-pisah meski masih dalam satu ribbon.


Pillihan Artistic Effects

Selection Pane

Apabila di versi office sebelumnya, kita akan kesulitan sekali ketika berurusan dengan obyek dalam jumlah banyak, apalagi yang saling bertumpuk. Bagaimana caranya untuk mengselect obyek yang ada di paling bawah? Di Office sebelumnya memang tidak bisa, tapi di Office 2010, semua itu akan menjadi mudah dengan selection pane

Jendela Konfirmasi Close yang baru
Apabila pada office 2007 apabila kita menutup jendela word sebelum dokumen di simpan, akan muncul jendela konfirmasi save dengan 3 pilihan, Save, No dan cancel. Pada Office 2010, yang ditampilkan adalah Yes, Don't save dan cancel, apabila memilih don't save, dokumen tidak langsung di hapus, tapi disimpan sementara.
Dokumen yang disimpan sementara itu dapat diakses lagi di backstage view bagian recent. Klik recover unsaved document yang ada di bawah.

Close



Fitur Baru Di Word 2010

Word 2010 kini dapat menampilkan word art dan shape seperti yang dapat dilakukan excel dan power point 2007. Apabila kita cermati, Word Art dan edit Shape pada word 2007 masih menggunakan gaya Office versi lama. Kini sudah tidak lagi, kita dapat mengunakan fitur tersebut seperti excel dan Power point. Ada satu fitur di Word 2007, yaitu navigation pane, berfungsi untuk mempermudah kita dalam berpindah halaman dan melihat sekilas konten di tiap halaman word 2010 . Selain itu, Navigation pane juga sudah terintegerasi dengan searching, sehingga akan mudah jika ingin mencari sesuatu disitu.



Navigation Pane

Fitur Baru Di Excel 2010

Hanya satu fitur baru lainnya yang saya temukan di Excel 2010, yaitu Excel Sparklines. Namun saya sudah mencoba-coba, namun belum menemukan fungsi dari sparklines, dia hanya menampilkan bar berdasarkan nilai yang dipilih.



Sparklines

Fitur Baru Di Power Point 2010

Power Point 2010 adalah yang paling banyak perubahannya dibanding word dan excel. Perubahan-perubahan itu seperti pada integerasi custom animation pada ribbon, jadi tidak ditemukan taskpane custom animation disini. Selain itu, custom animation dan silde transition sudah memiliki tab ribbon sendiri, tidak seperti Power point 2007 yang menjadi satu tab. Yang paling menonjol adalah ditambahkannya slide transition baru dalam bentuk animasi 3 dimensi, tidak seperti dulu slide transition dulu yang gerakannya hanya ke kiri, kanan, bawah dan atas. Animasi efek slide transition yang 3 dimensi terlihat sangat cantik. Selain 3 dimensi, ada lagi slide transition yang digerakan bukan slidenya, tapi isi slidenya, namanya Dynamic Content.
Ada juga section, berfungsi untuk membagi slide dalam bagian-bagian. Misalnya bagian pembuka, isi per materi, kesimpulan atau penutup. Sehingga dengan section, slide power point menjadi lebih mudah di organisir.



Animation Tab




Slide Transition


Section






Selain fitur-fitur tersebut, masih banyak fitur lain Office 2010 yang belum di bahas. Tentunya akan menghabiskan banyak waktu untuk mereview Office terbaru ini. Melihat fitur-fitur baru tersebut, saya rasa akan lebih produktif bila menggunakan Office 2010 ini. Fitur-fitur seperti screenshot remove background dan sebagainya sangat membantu kita dalam menciptakan konten dengan Office 2010. Saat ini memang Office 2010 masih dalam tahap beta, mungkin harus bersabar menunggu versi finalnya dulu untuk menggantikan total office 2007.
Untuk yang ingin mencoba Office 2007 ini secara langung, dapat mengakses artikel


Petunjuk Download Office 2010


untuk mendapat petunjuk untuk download gratis Office 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan isi komentar, mudah-mudahan dengan adanya komentar ini saya bisa mengembangkan lebih blog ini....

Komentar

coba dibaca